Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur Saat Pertama Kali Dicuci

Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur – Belakangan ini beberapa pakaian yang khas dari Indonesia menjadi sorotan banyak kalangan. Tidak hanya untuk wanita yang kerap memperhatikan fashion tetapi juga para laki–lakinya. Misalnya saja batik yang menjadi trend sebab modelnya yang baru dan modern membuat para penggunanya merasa nyaman. Bahkan sebuatan batik yang kuno sudah tidak dirasakan lagi, sebab saat ini para anak muda juga sudah sering menggunakan batik. Namun, terkadang batik memiliki kekurangan yaitu mudah sekali luntur. Tentu saja hal ini kurang disukai. Apalagi ketika baru pertama kali mencucinya, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Bagi yang belum mengetahui tips mencuci baju batik agar tidak luntur saat pertama kali dicuci tentu akan merasa was-waa saat hendak membeli baju batik. Biasanya mereka mengurungkan niat untuk membeli baju batik. Pasalnya kalau sampai lupa tidak memisah baju batik saat pertama kali dicuci, maka baju dan pakaian lain yang dicuci bersama bisa ikut terkena luntur. Tapi kalau kalian sudah mengetahui poin-poin cara mencuci baju batik agar tidak luntur saat pertama dicuci, maka kamu sudah tidak perlu risau lagi. Kamu bisa bebas membeli baju batik ataupun kain batik yang kamu sukai.

Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur Saat Pertama Dicuci

Menggunakan baju batik tentu menjadi kebanggaan tersendiri didalam hati. Selain desain kain batik yang memang cantik, memakai batik juga sama dengan ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu pastikan kamu mengetahui tips mencuci batik agar tidak luntur, dengan begitu kamu akan semakin nyaman dan tidak risau untuk terus menambah koleksi baju batikmu.

Hindari Mencuci Dengan Mesin

Hal pertama yang harus dihindari adalah mencuci kain batik menggunakan mesin cuci. Memang, mencuci menggunakan mesin dapat memudahkan dan sangat simple. Namun, jangan hanya mengambil bagian mudahnya saja, sebab mencuci kain batik menggunakan mesin cuci dapat memberikan efek kain batik yang luntur dan membuat kain batik tidak dapat bertahan lama. Lebih baik menggunakan tangan untuk membantu mencuci kain batik kamu agar warna batik bertahan lebih lama dan tidak mudah luntur. Sekalipun terlihat sepele, namun hal ini memberikan pengaruh yang besar.

Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur
Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Pisahkan Dengan Bahan Dasar Kain Lainnya

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan kain batik dengan bahan dasar kain lainnya. Karena kain batik rentan mengalami luntur, hal ini dapat membuat kainnya tidak cantik lagi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginakan, ada baiknya jika memisahkan kain batik dengan pakaian yang lainnya. Kelompokkan kain batik yang satu warna dalam satu wadah agar tidak terjadi kelunturan dan membuat kain yang lainnya terlihat jelek. Jika kamu memisahkannya dalam satu wadah untuk satu warna kemungkinan tidak akan terkena lunturan warna yang lainnya. Memang terlihat merepotkan, namun hal ini akan menjaga baju yang lainnya tetap terjaga dan tidak rusak.

Rendam Dengan Menggunakan Air Hangat

Tips mencuci baju batik agar tidak luntur saat pertama kali dicuci selanjutnya adalah merendamnya dengan menggunakan air hangat. Hal ini akan membantu pori–pori pada serat kain terbuka, sehingga kotoran akan lebih mudah untuk dihilangkan tanpa harus menguceknya. Cara mencuci kain batik yang paling mudah memang dengan menggunakan air hangat. Apalagi air hangat juga akan mengurangi kain batik kamu menjadi mengerut atau menyusut ketika dicuci.

Sebelum Merendam Batik Pastikan Kamu Memisahkan Dengan Pakaian Lain
Sebelum Merendam Batik Pastikan Kamu Memisahkan Dengan Pakaian Lain

Jangan Menggunakan Detergen

Jika kamu ingin mencuci kain batik, maka ada baiknya untuk menghindari penggunaan detergen. Menggunakan detergen biasanya akan memberikan busa yang terlalu banyak dan tidak akan bagus untuk tekstur ataupun warna batikmu. Detergen dapat mengikis warna batik sehingga menjadi kurang bagus. Kamu dapat menggantinya dengan menggunakan sabun khusus kain batik atau menggunakan sabun mandi agar dapat menjaga kain batik kamu dengan baik.

Hindari Mengucek

Hal terakhir yang harus dilakukan untuk menjaga warna kain batik adalah hindari mengucek ketika mencucinya. Untuk mencuci batik, sebenarnya ada cara khusus. Kamu dapat menguceknya tapi jangan terlalu banyak dan kuat. Pastikan kamu hanya mengucek di bagian yang terdapat nodanya, jangan merembet ke seluruh bagian lainnya. Kamu tidak perlu mengucek busana batik dengan terlalu kuat, sebab dapat membuatnya terlihat kusut atau lecek.

Hindari Mengucek Batik Terlalu Keras
Hindari Mengucek Batik Terlalu Keras

Demikianlah ulasan kami tentang beberapa tips mencuci baju batik agar tidak luntur saat pertama kali dicuci yang dapat kamu coba di rumah. Kami berharap dengan mempraktekkan cara dan tips diatas, maka kamu tidak perlu menemui masalah kain batik yang luntur dan tentunya kualitas warna dan motif kain batik yang kamu miliki bisa tetap terjaga. Bagi kamu yang ingin menambah koleksi baju batikmu, yuk langsung saja lihat-lihat di butik kesayangan kamu. Bagi kamu yang sedang malas keluar rumah, kamu bisa mencoba mencari model batik terbaru di market place. Sekarang mau belanja jadi lebih mudah.