Tips Memilih Kain Brokat Untuk Membuat Model Kebaya Brokat Modern Ataupun Tradisional

Tips Memilih Kain Brokat – Jenis baju kebaya masuk dalam bagian kebutuhan para wanita saat ini. Sebab kebaya sering disebut sebagai gaun tradisional yang membuat kita terlihat lebih elegan. Belakangan ini kebaya juga semakin terlihat modern dan dapat digunakan pada beberapa acara resmi. Salah satu jenis kebaya yang sering digunakan adalah baju model kebaya brokat. Namun kamu tidak dapat memilih kain brokat sembarangan untuk kebaya yang akan kamu buat. Pilih jenis brokat yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini ada beberapa jenis brokat yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Tips Memilih Kain Brokat Untuk Membuat Model Kebaya Brokat

Dipasaran ada beberapa jenis kain brokat. Mulai dari kain brokat yang mahal hingga kain brokat yang murah. Semuanya tentu memiliki ciri khas tersendiri. Jadi pastikan kamu memilih kain brokat yang sesuai dengan keadaanmu, misalnya disesuaikan dengan budget yang kamu miliki ataupun disesuaikan dengan model kebaya yang akan kamu buat.

Jenis Brokat Prancis

Brokat Prancis atau French Lace merupakan bahan brokat dengan kualias yang bagus dibandingkan dengan brokat jenis lainnya. Tidak heran jika harga yang dibandrol sangat mahal. Brokat ini memiliki karakterisitik bahan yang lembut, tidak membuat gatal, tidak panas, dan sangat menawan ketika digunakan.

Brokat Prancis Merupakan Kain Brokat Dengan Harga Yang Cukup Mahal
Brokat Prancis Merupakan Kain Brokat Dengan Harga Yang Cukup Mahal

Jenis Brokat Semi Prancis

Tips memilih kain brokat untuk membuat model kebaya brokat yang selanjutnya ialah kamu juga harus tahu jenis kainnya. Dan jenis kain brokat yang selanjutnya adalah brokat semi Prancis yang memiliki kualitas mirip dengan brokat Prancis. Bedanya, brokat semi Prancis ini lebih kaku jika dibandingkan dengan brokat Prancis yang asli. Sekalipun kaku, beberapa disainer lebih menyukainya karena tekstur bahannya yang kuat sehingga lebih mudah untuk dijahit. Biasanya jika membeli bahan kain semi Prancis hitungannya tidak per meter, tetapi per panel atau per potong baju sekitar 2,5 meter.

Brokat Semi Perancis Memberikan Keindahan Pada Kebaya Kamu
Brokat Semi Perancis Memberikan Keindahan Pada Kebaya Kamu

Jenis Brokat Prada

Brokat prada menjadi brokat yang cantik dengan motif yang timbul halus, sehingga motifnya dapat dipotong sebagai aplikasi pada kebaya. Harga brokat Prada ini sangat bervariasi, tergantung pada kehalusan bahan dan juga jenis motifnya.

Tips Memilih Kain Brokat Yaitu Brokat Prada Memiliki Motif Timbul Yang Lembut
Tips Memilih Kain Brokat Yaitu Brokat Prada Memiliki Motif Timbul Yang Lembut

Jenis Brokat Jepang

Selanjutnya, ada brokat Jepang dimana memiliki tekstur tulle yang cukup lembut jika dibandingkan dengan brokat semi Prancis. Namun harganya lebih murah jika dibandingkan dengan brokat semi Prancis.

Brokat Jepang Memiliki Motif Tulle Yang Lembut
Brokat Jepang Memiliki Motif Tulle Yang Lembut

Jenis Brokat Italy

Ada juga jenis brokat Italy dimana memiliki ciri – ciri tulle yang sudah dibordir atau diberi payet. Harga dari brokat Italy ini tergantung dari kerapatan motif yang dimiliki, atau kesulitan dari model border bahkan payet. Jadi kamu tidak perlu lagi memayetnya sebab bahannya sudah penuh dengan payet.

Brokat Itali Dapat Dipilih Untuk Menambah Varian Motif Kebayamu
Brokat Itali Dapat Dipilih Untuk Menambah Varian Motif Kebayamu

Jenis Brokat Biasa

Yang terakhir, ada yang jauh lebih murah yaitu brokat biasa. Tips memilih kain brokat untuk membuat model kebaya brokat yang digunakan pada bridesmaids atau keluarga yang jauh ialah menggunakan brokat biasa. Kekurangan yang dimiliki antara lain motifnya kadang kurang bagus dan warnanya juga tidak terlalu bervariasi. Namun lumayan juga jika digunakan untuk kebutuhan seragam keluarga.

Tips MemilihKain Brokat Untuk Kebaya Murah Tapi Bagus Pilih Brokat Biasa
Tips MemilihKain Brokat Untuk Kebaya Murah Tapi Bagus Pilih Brokat Biasa

Nah, jika kamu sudah mengetahui jenis brokat maka saat ini kamu bisa memilih kain sesuai dengan kebutuhan. Tiap brokat dengan jenis yang berbeda akan semakin beda juga tingkat kesulitan menjahitnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menentukan lapisan kain untuk brokat atau juga ketika akan menjahit. Semakin bagus kualitas brokatnya, maka akan memiliki kemudahan untuk menjahitnya.

Perlu diketahui bahwa kain brokat memiliki tekstur yang berpori dan relatif sangat tipis, untuk itu ada baiknya menghindari penggunaan rader dengan jenis gerigi. Hal ini berguna untuk membantu meminimalisir kerusakan pada kain brokat. Jika memang menggunakan kain brokat, ada baiknya menggunakan kampuh balik yang akan membantu pada bagian–bagian tertentu ketika sedang dijahit.

Bahan brokat pada dasarnya memiliki tekstur yang tipis dan tidak tahan terhadap cuaca panas. Untuk itu hindari menyetrika busana kebaya brokat kamu. Itulah beberapa informasi seputar tips memilih kain brokat untuk membuat model kebaya brokat. Kabar baiknya kini banyak juga kain brokat yang dijual secara online. Ingin membelinya juga? Silahkan saja.