Jenis-Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Kebaya Yang Sering Digunakan

Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Kebaya – Sesuai dengan perkembangan dunia fashion, kebaya menjadi salah satu pakaian yang kerap digunakan untuk beraneka acara. Namun semakin berkembangnya kebaya modern, bahan kain yang digunakan tidak seperti dulu lagi. Bahan yang digunakan untuk membuat kebaya semakin beragam dan bervariasi. Nah buat kamu yang gemar membuat baju kebaya sendiri, tentu kamu perlu tau dong apa saja jenis bahan atau kain yang sering digunakan untuk membuat baju model kebaya. Oleh karena itu kamu harus tau bahan-bahan terbaru apa saja yang bisa dikombinasikan pada baju kebaya.

Mengetahui jenis-jenis dan bahan kain untuk membuat kebaya tentu akan menguntungkan kamu. Misalnya saja, kalau kamu tau anek kain untuk membuat kebaya, tentu kamu bisa lebih leluasa dalam memilih jenis model kebaya yang hendak dibuat. Kamu bisa membuat padu padan yang unik dan tidak pasaran. Tapi ya itu, kamu harus tau jenis-jenis bahan untuk membuat baju kebaya terlebih dahulu.

Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Kebaya

Nah bagi kamu yang merasa penasaran, tidak perlu berlama-lama lagi. Yuk simak bersama saja ulasan kami berikut ini tentang beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat kebaya modern.

Kain Katun

Bahan pertama yang dapat digunakan adalah katun. Jenis kain katun ini sering digunakan untuk menjadi bahan kebaya sedari dulu sampai sekarang. Bahannya lembut dan tidak panas, tidak heran jika kain ini menjadi bahan kebaya yang disukai banyak wanita. Tidak hanya itu, kain katun juga mudah diaplikasikan untuk dijahit atau dibordir. Teksturnya sangat lembut dan dapat menyerap keringat. Biasanya digunakan untuk jenis kebaya encim. Tetapi jenis kain katun ini mudah rusak jika terlalu lama direndam dalam deterjen. Kain katun juga rentan terhadap jamur, jadi perawatannya memang agak sulit.

Jenis Kain Untuk Membuat Kebaya Salah Satunya Kain Katun
Jenis Kain Untuk Membuat Kebaya Salah Satunya Kain Katun

Bahan Brokat

Selanjutnya, jenis-jenis bahan kain untuk membuat kebaya yang dapat digunakan adalah kain brokat. Brokat sendiri memang terkenal glamor dan sering digunakan sebagai kebaya sedari dulu. Ada 3 jenis brokat yang terkenal yakni brokat Prancis, brokat semi Prancis, dan brokat lokal. Untuk kualitas terbaik, kamu dapat menggunakan brokat Prancis namun harga yang dibandrol juga tidak murah. Kebaya yang dibuat dari bahan brokat biasanya sangat cocok digunakan sebaga pakaian malam yang mewah. Brokat sendiri bebeda dengan renda dan juga border. Brokat merupakan jenis kain yang punya banyak dekorasi dengan atau tanpa benang emas dan perak. Seringkali brokat memberikan pola yang unik dan rumit seperti, misalnya bunga, tanaman, dan juga unsur alam lainnya.

Kain Brokat Biasa Digunakan Untuk Menjahit Kebaya
Kain Brokat Biasa Digunakan Untuk Menjahit Kebaya

Organdi

Ada juga organdi yang dapat digunakan untuk membuat kebaya modern. Jenis kain organdi memiliki tekstur yang lembut, berkilau, namun dapat menahan bentuknya dan sangat cocok digunakan untuk menimbulkan efek volume. Teskstur dan warnanya akan memberikan kesan mewah dan cocok digunakan untuk kebaya pesta atau kebaya untuk pernikahan. Jenis kain tidak dapat menyerap keringat dan lebih panas jika dibandingkan dengan kain katun. Namun tidak sedikit yang menggunakannya sebab kesannya yang mewah akan membuat kamu terlihat lebih elegan.

Bahan Organdi Bisa Dipakai Untuk Membuat Baju Model Kebaya
Bahan Organdi Bisa Dipakai Untuk Membuat Baju Model Kebaya

Bahan kain organdi juga tipis sebab terbuat dari tentun sutra. Namun ada juga yang membuatnya dari serat filament sintetik seperti nilon. Biasanya kebaya yang terbuat dari organdi digunakan ketika malam hari.

Kain

Selanjutnya ada juga jenis-jenis bahan kain untuk membuat kebaya yang terbuat dari taffeta. Kain ini terbat dari tenun sutra yang halus. Kain ini lebih mewah dan sering digunakan sebagai gaun pernikahan, namun bisa juga digunakan untuk kebaya. Serat benang taffeta lebih kaku jika dibandingkan dengan organdi. Kain taffeta jarang digunakan untuk kebaya sebab harganya mahal dan juga susah untuk dibentuk. Tetapi setelah dikombinasikan dengan jahitan border, kebaya yang dihasilkan akan sangat unik dan elegan.

Bahan Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kebaya Yaitu Kain Taffeta
Bahan Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kebaya Yaitu Kain Taffeta

Bahan Tulle

Mungkin beberapa dari kamu sudah sering mendengar tentang kain tulle. Jenis ini merupakan jenis kain yang ringan dan berbentuk jala dengan lubang yang kecil. Dulu kain ini sering digunakan untuk pengantin atau penari balet, namun saat ini tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai kebaya. Biasanya dipadukan dengan beberapa border dan payet agar mendapatkan hasil yang cantik.

Jenis Kain Tulle Juga Sering Dipakai Menjahit Baju Kebaya
Jenis Kain Tulle Juga Sering Dipakai Menjahit Baju Kebaya

Bingung memilih kain-kain kebaya diatas? Ya udah, langsung simak aja gambar-gambar model kebaya terbaru simpel dan menginspirasi yang sudah kami buatkan khusus buat kamu. Disana ada lebih dari 75 gambar kebaya dan semuanya model terbaru. Penasaran kan? Makanya kunjungi link tersebut.

Baiklah, itulah tadi beberapa informasi seputar jenis-jenis bahan kain untuk membuat kebaya yang dapat kamu pilih. Semoga ulasan tadi bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu sekalian. Yuk sekarang saatnya kamu pergi ke toko kain dan mencari kain untuk membuat kebaya baru. Buat yang malas memilih kain sendiri, kamu cukup memilih modelnya saja lalu kamu bawa ke tukang jahit langganan kamu. Biar dia saja yang mencarikannya buat kamu. Nah buat kamu yang juga malas pergi ke tukang jahit, kamu bisa langsung beli saja kebaya jadi di internet. Banyak kok toko online yang jual baju kebaya berkualitas dengan harga miring.